Masa-masa Pencarian



Boleh dikata bulan Agustus - Oktober ini  adalah masa-masa pencarian saya. Pencarian apa itu? Jodohkah? Hmmm, bukan kakaaaakkk. Saya mah nunggu aja pangeran shalehnya datang,hihihi. Pencarian yang dimaksud adalah cari kerja. Kerja part time tapi. Ya ngajar gitu deh, kan background saya itu. Sejak lanjut kuliah S2 lagi, kerjaan yang lama ditinggal karena gak bisa full time. Otomatis fokus cari kerjanya yang part time aja dan pastinya yang mengajar. Setelah melamar anakorang kerja kesana-kemari, banyaklah panggilan berdatangan. Diantara panggilan-panggilan itu, siapakah yang berhasil mendapatkanku?? Hahaa…pede amat.

Tempat A
Masukin lamaran hari ini, besok dipanggil. Wahhh…how lucky I am. Esok harinya, datanglah saya ke tempat tersebut. Ikut tes tulis, setelah itu saya langsung diinterview oleh pimpinanya. Saya ceritakan aktivitas saya saat itu kalau saya lagi kuliah bla..bla..bla. Nah, mendengar hal itu, pimpinannya mengatakan bahwa ternyata gak bisa kalau mau kerja part time. Yaudinlah kala begitu, kita cari yang lain lagiiiiiiiiiii.

Tempat B
Kalau tempat A tadi keesokan harinya langsung dipanggil, yang ini lebih emejing lagi. 2 jam kemudian dipanggil. Ceritanya, lagi baca-baca notif bbm, tiba-tiba junior saya yang sudah lama tidak aktif di bbm kini muncul kembali. Saya chat lah dia apa kegiatannya sekarang dan kenapa baru muncul and so on. Katanya hpnya baru saja membaik. Cerita-cerita sampai dia tanya aktivitas saya. Sebelumnya dia sudah tahu kalau saya kerja di tempat yang full time itu.

Ceritalah saya kalau sudah tidak di tempat itu lagi karena ini itu. saya tanya dia siapa tahu ada lowongan dimana gitu. Eh, dia nawarin ditempat kerjanya. Katanya jam 10 pagi ada tes TPA untuk pengajar. Trus yang atur segalanya ya dia karena dia sebagai sekretaris atau apalah ditempat itu. dan saya disuruh datang pada hari itu juga dengan membawa lamaran kerja saya dan langsung di tes. What? Saat itu saya bbm-an jam 8 pagi, pukul 10 pagi udah disuruh kesana. Waduh, persiapan juga gak ada. Tapi saya pikir ini adalah kesempatan yang gak boleh disia-siakan. Urus berkas-berkas, mandi dan langsung cusss kesana.

Setelah tes TPA yang menguras tenaga, lanjut microteaching dan interview. Okesip. Saya pun cerita-cerita dengan pimpinannya dan intinya saya diterima. Sempat agak gimana soalnya harus tahan ijazah selama 2 tahun. Waduuuhhh, saya gak bisa kalo itu. Tapi setelah saya jelaskan dengan baik, pimpinannya pun bisa nerima saya tanpa tahan ijazah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Katanya tinggal tunggu dipanggil saja karena sementara cari siswa juga. Menunggu 1 minggu sampai satu bulan belum ada panggilan saya mikirnya mungkin masih sementara cari siswa. Tapi tetep saya ngelamar di tempat lain juga. Nunggu sampai 2 bulan. Saya pikir waduh mana nih panggilannya.

Saya bbm teman saya katanya tunggu saja info darinya. Dan suatu hari saya tahu kalau siswanya sudah ada. Tapi gak ada panggilannya lagi. PHP banget kan. Hahaha, mungkin karena saya tidak mau tahan ijazah. Padahal sudah ada kesepakatan diawal tapi begitulah sebagian pimpinan, tidak konsisten. Tapi saya masih mendingan di PHP in, ada teman yang juga sama-sama saya tes waktu itu. Dia sudah masuk sekitar tiga minggu tapi belum kumpul ijazah juga. Setelah tiga minggu kerja, dia merasa kurang sreg. Dia bicara ke bos kalau mau berhenti. Eh si bos marah-marah. Lha?  Udah tiga minggu masuk, jangankan dapat gaji setengah, ucapan terima kasih aja nggak, malah marah-marah ke teman saya. Kan bisa dibicarakan baik-baik. Hmmm, kalau begitu saya bersyukur gak dipanggil. Bosnya galak, meeennn. GATOT (gagal total) lagi. Fiuuhhh…

Tempat C
Awalnya saya nemenin teman saya yang mau masukkan surat lamaran kerjanya ke tempat ini. Selesai kuliah kami bareng kesana. Saya juga mau masukin surat lamaran kerja saya tapi surat lamaran saya ada di rumah dan jarak dari kampus ke rumah saya agak jauh sekitar 25-30 menit naik motor kalau tidak macet. Ya sudahlah saya nemenin teman saya dulu sambil liat lokasinya. Rencananya, nanti keesokan harinya saya mau bawa juga. Sampai disana,sekitar pukul 11.00 pagi, eh temanku disuruh datang jam 2 siang pada hari itu juga untuk tes.

Saya bilang saja ke pegawai nya kalau saya juga mau masukkan lamaran tapi belum bawa. Dia suruh saya datang saja sebentar jam 2 sekalian bawa surat lamarannya. Okelah. Setelah saya dan teman saya mengikuti serangkaian tes, kami dinyatakan diterima. Oke. Saya tanda tangan kontrak deh tapi disini sistemnya gak kumpul ijazah kok,hehehe. Saya tanda tangan kontrak per 12 September 2015 kalo gak salah, ya sekitar itu. Tapi apa yang terjadi?  Sampai sekarang udah hampir masuk November kami gak pernah dipanggil ngajar..hahaha…eh, saya pernah dipanggil sekali itupun siswanya gak datang. Setelahnya itu gak pernah lagi…hahaha…macam mana pulakk ini.

Tempat D
Kalo yang sebelum-sebelumnya tempat kursus, yang ini kelas private. Kita yang datang ke rumah-rumah siswa yang mau diajar. Nah, suatu saat saya di sms ada siswa yang mau private, dia maunya tiap hari dan pada siang hari. Waduh saya gak bisa. Saya juga kuliah. Okelah bye. GATOT lagi :D

Tempat E
Nah yang ini, singkatnya setelah tes ini itu saya pun dinyatakan lulus dan diterima ngajar. Training sebentar dan sudah pernah masuk ngajar satu kali. Udah gak PHP lagi. Akhirnyaaaa…hehehe. Saya ngajarnya mahasiswa D3. Mahasiswa ngajar mahasiswa, hihihi. Saya ngajar di kampus kerjasama dengan tempat kursus dimana saya kerja. The first time ngajar mahasiswa nih, seru juga. Setelah masuk satu kali, libur dulu selama 2 minggu hahaha. Mau atur ulang jadwal dulu karena banyak yang bertabrakan dengan jadwal kuliah mereka yang lainnya. Okelah. Tapi disini rada-rada ribet sebelum masuk ngajar, harus buat ini itulah. But, it’s okay kita liat perkembangannya aja kedepan.

Tempat F
Nah, kalau ditempat E ngajarnya pagi atau sore. Kalau disini malam. Lumayanlah yaaa. Gak tiap hari juga. Kalau di tempat E ngajar bahasa Inggris, disini saya ngajar bahasa Indonesia. Tapi mudah-mudahan bisa beralih ke bahasa Inggris nantinya. Cuma sekarang lagi kekurangan pengajar bahasa Indonesia jadi ya saya masuk dulu karena pernah ngajar bahasa Indonesia juga sebelumnya. Jadi ya gitu deh. Semuanya disyukuri aja :-)

Oke, itulah tadi sekelumit masa-masa pencarianku. Rada ribet yaaa…semoga datangnya jodoh gak seribet ini, hihihi…Tetap semangat guuuyyysss…

Komentar

  1. Wusss asyik juga nih ya S2 sambil part time, jadi pengin kuliah S2 aja nih.. belum dapet panggilan kerja juga :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaahh yaa...ayo lanjut kuliah lagiiii,,semangaaattt...

      Hapus

Posting Komentar