Ada
yang masih kuliah gaaakkkkk?
Hemmm…walaupun
saya udah gak kuliah lagi tapi saya mau flashback
dulu ahh cerita-cerita zaman sibuk-sibuknya kuliah dulu. Tiba-tiba ingat
serunya bersibuk-sibuk di waktu kuliah. Mana aktif di dua organisasi, ngajar,
ikut seminar-seminar, tugas-tugas kuliah yang seabrek tapi semua bisa
dijalankan dengan baik. Kuliah lancar, organisasi jalan, ngajar oke, ikut
beberapa seminar dan mengumpulkan banyak sertifikat,hahaa..tapi tugas juga on time kok, masih bisa jalan-jalan ke
mall juga sekali-kali. Ya, karena semuanya dinikmati, tidak menjadi beban.
Hanya
perlu mengatur waktu dengan baik dan mana yang bisa dijadikan prioritas. Alhamdulillah
semua dapat porsinya tersendiri. Malah ada juga teman-teman yang hanya fokus
kuliah tapi nilainya segitu-gitu juga. Bukannya mau sombong yahh, tapi kalau
dengar anak kuliahan nih yang sedikit-sedikit ngeluh banyak tugas, ngeluh kalau
tugasnya ribet, ngeluh dosennya killer,dll. Hemmm…
Kalau
saya sih alhamdulillah lancaaarrrrr. Semester 1 sampai 4 sibuk kuliah, organisasi,
dan ikut-ikut seminar di dalam maupun di luar kampus. Semester 5 mulai ambil
kerja part-time dengan mengajar. Ya,
karena jurusan saya memang di dunia pendidikan jadi saya pikir harus melatihnya.
Cara saya dengan ambil kerja part-time
ngajar. Dapat pengalamannya, dapat pula duitnya,hehee. Nambah-nambah uang
jajan. Atau sekalian ditabung buat beli sesuatu supaya gak minta lagi ke
orangtua. Lumayanlah yaaa…
Kerja
pun gak menghambat kuliah. Pagi-siang atau sore di kampus, sore-malam ya
ngajar. Pulang ke rumah kalau ada tugas dikerja dulu tapi kalau belum deadline bisalah ya dicicil kan capek
juga habis kerja. Fleksibel aja. yang penting selesai tepat waktu sesuai yang
telah ditentukan oleh dosen yang bersangkutan.
Sebelumnya sempat ngejalanin secara bersamaan kuliah, ikut organisasi dan ngajar juga tapi
sepertinya kewalahan. Ujung-ujungnya saya rasa percuma juga berada disuatu tempat
lalu gak melaksanakan tanggung jawab yang ada. Merasa bersalah hanya nama yang
mejeng disana. Akhirnya saya memutuskan organisasi hanya sampai semester 4 dan
fokus kuliah dan kerja semester 5 dst., tapi ikut-ikut seminar teteeeppp kan
porsi waktunya gak banyak. Saya juga masih sering bantu-bantu di organisasi
kalau lagi buat event atau apalah ya.
Jadi tetap ada pengalaman di organisasi,
dapat juga pengalaman di tempat kerja. Bukankah pengalaman adalah guru yang
terbaik, bukan? Capek?? pastinyaaa...abis kuliah, belajar buat materi ngajar, pergi ngajar, pulang ngerjain tugas kuliah. Belum kalo lagi minggu-minggu mid test atau final test. Weekend-nya juga kadang dipake buat meeting di tempat ngajar. Tapi serius itu seru gila guyysss. Duarius malah. Gimana semuanya harus dilakukan dan harus perfecto!
Ya,
itu pilihan saya waktu itu. Dan pastinya dengan berbagai konsekuensi. Tapi saya suka dengan pilihan saya. Kalian pun pasti memiliki pilihan dengan
konsekuensinya masing-masing. Tapi pilihlah yang bisa mengantarkan kamu semakin
berkembang. Menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Memilih pun harus
cerdas kan?
jaman2 kul itu memang selalu lbh sibuk drpd saat udh kerja. :).. udh kerja gini walopun sibuk jg, tp kyknya aku ttp bisa lebih santai...
BalasHapusAku prnh diminta milih, mw full time di rumah aja cuma ngawasin pembantu spy kerjanya g slh , ato kerja kantoran yg srg pulang malam, dan ttp aja, pilihanku kerja kntoran.. Kyknya ga bisa aku disuruh ngendon di rumah, ngeliatin kerja pembantu, bikin jdwl menu2, nganterin anak sekolah, mikirinnya aja lgs ngeri sendiri.. -__-
beda aja ama sibuknya kerja kantoran.. :) aku ngerasa tertantang di sana.. walopun capek , tp bahagia ngelakuinnya..yg ptg itukan :)
Iya mba, kalo udah terbiasa sibuk jadinya gak betah di rumah,hehee...yes, do what we love and love what we do :)
HapusAnak muda emang harus gitu tuh, sibuk di luar kesana kemari (y)
BalasHapusyapp selagi masih muda,hihihihiii
HapusKebutulan gue lagi banyak kesibukan
BalasHapusselamat bersibuk ria bro :-)
Hapushmm, meskipun kwalahan tapi pasti ada hikmah yang dipetik dari ngajar dan ikut organisasi kan :)
BalasHapussaya juga lagi sibuk. bikin mumet, sibuk ulangan. sibuk remedial. ahhhh
iya, dari pengalaman itu mengajarkan banyak hal :) nikmati saja kesibukannya...
Hapus