Hayooooo, siapa yang udah ngebet pengen nikah?
Kalau katanya KBBI (Kamus
Besar Bahasa Indonesia) sih nikah berarti ikatan (akad) perkawinan yang
dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan
ajaran agama. Sebagai manusia normal, siapa sih yang gak pengen nikah. Namun
kesiapan tiap orang beda-beda. Ada yang masih muda tapi sudah siap menikah. Ada
juga yang sudah berumur baru menikah. Ada juga yang sudah berumur tapi belum
nikah-nikah juga. Kalau perempuan sih emang cuma nunggu dilamar yak tapi itu si
laki-laki yang sudah berumur tapi belum nikah-nikah juga wadduuuuhhhh.
Memang dalam pernikahan
harus bersikap hati-hati karena hal ini bukan perkara satu atau dua hari tapi
seumur hidup inshaAllah. Bukan pula hanya menyangkut dua orang saja tapi
menyatukan dua keluarga dari masing-masing pihak. Juga harus mengerti tanggung
jawab masing-masing. Sang suami harus mengetahui tanggung jawabnya begitupun
istri agar terjadi keselarasan dalam mengarungi bahtera pernikahan.
Banyak sih faktor yang
membuat orang berpikir berkali-kali sebelum memutuskan untuk menikah. Terutama kaum
lelaki, kalau perempuan sih menunggu saja tapi menunggunya yang cerdas ya. Walau saya juga belum menikah, hehee bukankode
tapi menurut pengalaman orang-orang
yang lagi galau mau nikah ataupun dari hasil pengamatan bahwa yang paling
dipikirkan orang sebelum nikah yaitu masalah finansial. Ada yang udah mau
bingiiiitttt nikah tapi belum punya kerja. Ada juga yang udah punya kerja tapi
masih berpikir apa dengan gaji segini sudah cukup untuk berkeluarga? I think it’s depend on you guys. Kalo
selalu merasa tidak cukup ya gitu deh. Allah Maha Melihat kok yang penting mau
usaha.
Saya sih sangat menghargai
orang yang memutuskan untuk menikah, belum punya apa-apa tapi terus berjuang untuk
menafkahi keluarganya daripada orang yang hanya memberi harapan palsu. Istilahnya
anak gehol sekarang PHP. Menebar janji sana-sini dengan balutan kata-kata
manis. Sehingga para korban mengidap penyakit akut bernama galau. Kalau tuh ‘galau’ bisa dijual kayak
pisang ijo sih masih mendingan dapet duit. Kalau tidak?? Hueeeekkkk.
Kalau cinta lamar dong. Kalau
sayang nikah dong. Ya gak sih?
Orang-orang yang menikah
dengan niat untuk menjaga kesucian dirinya maka Allah akan nolong kok. Tapi
pilihlah calon dengan melihat agamanya, cari yang seiman agar kebaikan yang
Allah janjikan akan datang. Ini nih janjinya Allah,
“Dan
kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak
(berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka
miskin, Allah akan mampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas
(Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (An-Nur
: 32)
Kalau sebagian lelaki yang pengen nikah galaunya karena
masalah ekonomi. Kalau sebagian perempuan yang pengen nikah galaunya karena
belum ada yang datang melamar, hahaha. Apalagi kalau umur sudah tidak muda lagi. Belum lagi kalau ketemu
ibu-ibu yang sering nanya “Kapan Nikah?” , atau kalau lagi di kondangan “Kapan
nyusul?” what the ‘huft’ question
banget. Dan jawaban yang paling jitu, “Doain aja ya bu”. Buat ibu-ibu,bapak-bapak, tante-tante, om-om,
kakak-kakak, dan adik-adik kalau nanya kapan nikah sekalian dong bawain
calonnya. Ya gak mblo? Hihihi…
Oh ya, tadi saya
menyinggung tentang menunggu cerdas buat kaum hawa (jangan sampai ada penasaran
diantara kita) maksudnya tuh menunggu sambil terus berusaha. Berusaha gimana? Ya
memperbaiki diri dalam segala hal. Layak gak dipinang oleh pangeran saleh yang
diidam-idamkan. Pantas gak mendapat cintanya pangeran saleh? Jangan mau dapat yang baik
tapi kitanya gak memperbaiki diri. Terus perbaiki diri dan lebih baik lagi,
makaaaaaaaa semua akan nikah pada
waktunya. Jreeennggg…jreeennnnggg…jreeennngg…
Hehe iya bener2 banget, umumnya laki2 masalah finansial sih. Tapi ada teman saya yg belum dapet pekerjaan yg menjanjikan tapi udah nekat nikah. Alhamdulillah sampai sekarang dia fine2 aja, seperti gak ada mslh dgn masalah keuangan. Ya mungkin setelah menikah itu dia semakin semangat buat cari nafkah kali ya :p
BalasHapusBtw, salam kenal :)
Iya, Allah udah jamin rezeki umatnya kok, yang penting kitanya mau berusaha, iya salam knal jg, thanks udah berkunjung ;)
Hapus